Selasa, 12 Januari 2016

TUGAS KELOMPOK SISTEM INFORMASI MANAJEMEN





1.     Masalah yang kami ambil di Usahid   
Tentang mahasiswa yang ingin mengetahui informasi bagaimana mengurus cuti kuliah.
  1. Level yang dituju       
Level Bawah (Bagian kemahasiswaan= Kasir Kemahasiswaan dan Bendahara) dan Menengah
(Pembimbing Akademik dan Ketua Jurusan)
  1. Alur atau prosedurnya
- Seorang mahasiswa meminta informasi kepada kasir kemahasiswaan/ bagian keuangan pengurusan untuk cuti.
- Setelah mengetahui alasan dari mahasiswa mengapa mengajukan permohonan cuti dan untuk berapa semester, bagian kemahasiswaan/kasir memberikan slip pembayaran kepada mahasiswa.
- Selanjutnya mahasiswa memberikan slip pembayaran ke bendahara/ bagian keuangan dan memberikan slip “SURAT PERMOHONAN CUTI AKADEMIK” untuk ditandatangani/disetujui oleh Pembimbing Akademik dan Ketua Jurusan/Program Studi kepada mahasiswa
- Setelah disetujui/ditandatangani oleh Pembimbing Akademik dan Ketua Jurusan, mahasiswa memberikan slip surat permohonan cuti akademik kepada bagian bendahara lagi kemudian mahasiswa disarankan membayar biaya cuti kuliah
- Mahasiswa memberikan bukti tanda penyetoran kepada petugas loket keuangan/kasir. Sampai tahap ini proses selesai dan mahasiswa sudah dicutikan.

  1. Sistem (suatu jaringan kerja yang saling berhubungan untuk melakukan kegiatan/menyelesaikan suatu sasaran tertentu)

  

Pengambilan Keputusan

Tugas Kasir Kemahasiswaan
-        Memberikan informasi tentang bagaiamana mengurus permohonan cuti akademik
-        Menyetujui atau memproses permohonan cuti dengan memberikan slip pembayaran untuk diserahkan kepada bendahara
Tugas Bendahara/Bagian Keuangan
-        Memberikan slip “Surat permohonan cuti akademik” dan memproses kembali ketika slip itu sudah ditandatangani oleh Pembimbing Akademik dan Ketua Jurusan
Pembimbing Akademik dan Ketua Jurusan
-        Dalam hal ini Pembimbing Akademik dan Ketua Jurusan mengambil keputusan dengan memberikan izin atau menyetujui dengan menandatangani surat permohonan cuti akademik yang diajukan oleh mahasiswa.

Empat Tahap Pengambilan Keputusan yang Efektif

Timothy mengatakan ada empat tahapan yang harus dilalui dan dalam tiap-tiap tahapan ada beberapa langkah yang harus ditempuh:
1.      The Contribution Stage (Tahapan Kontribusi), pada tahapan ini semua data dan informasi harus dikumpulkan dan divalidasi serta dikorelasikan sebagai akar penyebab timbulnya masalah, baik yang terlihat dipermukaan maupun tidak.
2.      The Procedural Stage (Tahapan Prosedur), pada tahapan ini semua alternatif atau pilihan dikumpulkan dan disortir atau dipilih mana yang paling dapat diterima sebagai jalan keluar.
3.      The Implementation Stage (Tahapan Implementasi), pada tahapan ini keputusan dituangkan ke dalam sebuah perencanaan dan action plan.

4.      The Reflection Stage (Tahapan Refleksi), pada tahapan ini semua yang dilakukan berdasarkan action plan dievaluasi apakah mencapai sasaran yang diinginkan dan menjadi solusi terhadap masalah yang sedang dihadapi.

0 komentar:

Posting Komentar