Selasa, 24 Februari 2015

Review novel Membagi Rindu



Judul: Membagi Rindu


Penulis: Koko Ferdie


Penerbit: PING!!!


Jumlah halaman: 220


Tahun terbit: 2014

 

Di bawah langit yang sama, di tempat yang berbeda
Karena kau dan aku berbahaya
Aku meninggalkanmu
Satu kata yang berbeda. Pengecut!
Tapi kusembunyikan karena aku tak cukup baik
Kejam, putus seperti ini, akhir dari perjalanannya cinta

Suka lirik lagunya. #BigBang

Sebenarnya saya sudah lama membaca novel ini. Tapi baru sempat me-review-nya sekarang.
Well, kenapa saya tertarik membeli novel ini? Pertama, karena saya jatuh cinta sama cover-nya. Kedua, saya suka sama cerpen-cerpennya Koko. Dan saya pun berharap lebih pada novel ini akan lebih bagus dari novel pertamanya--Jika Cinta Dia.

Di bab-bab awal, saya suka saat part Rain dengan setting Berlin. Juga, setelah itu part-nya Awan. Saya langsung jatuh cinta sama sosok Awan. Saya kira si penulis akan menekankan konflik pada kisah lope-lope Awan dan Rain. Tapi ternyata saya salah. Di bagian pertengahan yang saya harapkan Rain jadinya dengan Awan, tapi malah dicomblangkan dengan Samudera, oke ... Meski di sini Samudera adalah tipe yang cool, tapi entah kenapa karena si penulis malah lebih menghadirkan sosok Awan dibanding Samudera di bab awal yang membuatku salah kaprah siapa sebenarnya tokoh utamanya?
Tulisan Koko di sini memang bagus, tapi saya lebih suka tulisannya yang natural di novel JCD dan tak seperti di novel Membagi Rindu ini yang terkesan tergesa-gesa. Juga, bagian konflik Nadia dan Evan menurut saya nggak penting-penting banget, dan sangat kelihatan ada adegan yang mendadak yaitu kenapa tiba-tiba Samudera punya penyakit jantung? Padahal di awal-awal dia tidak kelihatan sakit atau tidak terlihat gejalanya sama sekali. Well, si penulis ternyata bilang semua itu disebabkan karena deadline. Ia jujur lebih nyaman menulis JCD dibanding novel ini. Maaf :(

Tapi saya salut sama semangatnya, saya pun bukan siap-siapa dan masih perlu banyak belajar lagi. Ini adalah proses, semoga Koko bisa menghasilkan karya yang lebih baik lag. Fightingg :D


0 komentar:

Posting Komentar